Naik Angkutan Umum TransJakarta ke LPPI biar Mengurangi Polusi


Suatu hari, saya mau ikut pelatihan yang lokasinya di LPPI (Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia). Saya belum pernah masuk ke dalam LPPI, tapi saya tahu tempatnya ada di daerah Kemang, Jakarta Selatan.
Penampakan gerbang LPPI

Apa yang terlintas di pikiran kalau mendengar kata “Kemang”? Macet ! hahaha…. Kalau ke daerah yang macet begini, saya enggak suka kalau harus bawa kendaraan sendiri. Akhirnya saya putuskan berangkat naik angkutan umum ke LPPI pada hari pelatihan tersebut. Nah, saya ingat kalau dulu pernah naik metro mini dari Pondok Indah yang lewat Kemang, tapi enggak ingat itu bus jurusan mana dan nomornya berapa. Setelah berkelana di Google, saya menemukan beberapa blog dan situs yang menyebutkan untuk ke daerah Kemang bisa naik bus Kopaja nomor 605 atau Metro mini nomor S77. Oke deh, berbekal info tersebut, saya berangkat ke terminal Blok M untuk melihat sendiri seberapa jauh lokasi LPPI dari Blok M dan seberapa macet daerah Kemang sekarang.

Perjalanan saya awali dengan naik bus TransJakarta ke terminal Blok M. Setelah sampai di terminal, saya nunggu di jalur 4 tempat metromini S77 mangkal. Sekedar info, ada lima jalur perhentian bus di terminal Blok M. Jalur 1, 2, 3 untuk bus TransJakarta sedangkan sisanya untuk angkutan umum lainnya.

Ada beberapa orang yang lagi nunggu bus barengan saya di jalur 4. Ada seorang ibu yang mau ke Bekasi tapi bingung naik angkotnya apa. Ada yang mau ke daerah Jakarta Timur tapi bingung juga naiknya apa. Wah kok pada bingung gini sih hahaha…

Mereka beberapa kali bertanya ke petugas TransJakarta yang berjaga di jalur 3. Wah baik banget petugasnya. Semua dilayani dengan ramah dan si petugas ini wawasan angkotnya luas banget. Mantap deh. Setelah sekian lama, orang-orang yang nunggu bareng saya udah pada menghilang. Entah karena menyerah trus naik taksi atau naik bus lan dari luar terminal. Si petugas tadi akhirnya nyamperin saya karena heran kok saya masih nunggu sendirian. Saya bilang ke petugas tadi kalau saya nunggu metromini S77 mau ke Kemang. Eh, ternyata dia bilang kalau gak pernah lihat bus yang saya sebutkan tadi. Lho, padahal dia setiap hari kerjanya berdiri disitu masa gak tahu sih. Saya ambil kesimpulan kalau bus yang saya maksud sudah berhenti beroperasi.

Akhirnya petugas tadi mengarahkan saya naik TransJakarta aja dari jalur 3. Ternyata ada lho TransJakarta dari terminal Blok M yang lewat Kemang. Jadi bus yang dimaksud itu nomornya 6N dan trayeknya Blok M – Ragunan. Peta trayeknya bisa dilihat dibawah ini. Klik disini untuk melihat petanya langsung dari situs resminya TransJakarta.
Trayek 6N jurusan Blok M - Ragunan

Gimana cara naik busnya ? Jadi setelah kamu turun di terminal Blok M, kamu jalan masuk ke jalur 4. Nanti di sebelah kiri ada tangga menuju ke bawah. Setelah turun, jalan luruuusss aja ngelewatin kios-kios. Perhatikan di kiri atas ada tanda panah ke arah jalur 1. Ikutin tanda itu sambal siapkan kartu emoney. Tangga ke arah TransJakarta bukan tangga keramik, tapi lempengan besi khas TransJakarta kayak di jembatan penyebrangan gitu. Ada tiga gerbang untuk tap kartu. Setelah melewati gerbang, belok kanan lalu cari tanda yang mengarahkan ke jalur 3. Tempat nunggu bus tujuan Ragunan langsung kelihatan setelah keluar dari tangga.

Ada dua trayek lainnya yang berhenti di jalur 3 juga, tapi kamu enggak bakalan salah naik karena tempat nunggunya dipisah hehehe…. Nanti berhentinya di halte depan gerbang LPPI. Buat kamu yang baru pertama kali, ini saya kasih ancer-ancernya.
Abaikan tulisan 21 min

Pas udah masuk daerah Kemang, perhatikan di sebelah kanan jalan ada Mekdi. Masih agak jauh sih, tenang aja dulu sambil perhatikan sebelah kiri jalan. Kalau udah melewati pom bensin Shell, kamu bilang ke petugasnya kalau mau turun di LPPI. Biasanya petugasnya nyebut tempat pemberhentian selanjutnya sih, tapi biar lebih meyakinkan aja. Kalau kamu dari arah Ragunan, tempat pemberhentian busnya ada di depan alfamidi. Dari situ tinggal nyebrang ke LPPI.

Saya sempat melihat-lihat suasana LPPI di sore hari sambal duduk santai di selasar. Banyak siswa yang lagi bahas urusan tugas kelompok, ada yang lagi karaoke pula hahaha…. Ini denah lokasi LPPI.
Denah LPPI

Saya juga sempat ngobrol dengan salah satu pedagang di sekitar halte LPPI saat menunggu bus yang arah pulang. Ketika saya tanya tentang angkutan umum yang melewati LPPI, beliau bilang cuma Kopaja 605 yang lewat di depan LPPI. Kalau metromini turunnya di jalan lain (sambal menunjuk tempat yang dimaksud) trus mesti jalan kaki sedikit ke LPPI. Tapi yang jelas, beliau sudah enggak pernah lihat bus-bus itu beroperasi lagi. Menurut beliau, bus-bus tersebut keseringan ngetem jadi kalah saing sama TransJakarta (dan ojek berbasis aplikasi tentunya). Hmmm… mungkin bener juga pemikiran saya diparagraf sebelumnya, soalnya selama saya nongkrong nungguin bus, cuma TransJakarta 6N aja yang lewat di depan LPPI.

Oke, kita review lagi ya cara menuju LPPI dari terminal Blok M.
Turun di terminal Blok M à jalan masuk ke jalur 4 à turun lewat tangga dari pintu di sisi kiri à jalan lurus ke arah tulisan “jalur 1”, cari jalan yang dari besi di sebelah kiri à Tap kartu emoney à belok kanan, naik tangga yang menuju jalur 3 à tunggu bus di tempat yang ada tulisan “Ragunan”.

Kalau kamu naik busnya dari luar terminal Blok M, siapkan kartu Flazz BCA karena mesin pembayaran yang dibawa petugasnya hanya menerima kartu itu, atau siapkan uang Rp 3500.
Gampang kan ? Kalau ada yang mau ditanya, atau ada yang salah di artikel ini, atau punya cerita menarik tentang perjalanan ke LPPI, silahkan tulis dikolom komentar ya. Semoga bermanfaat.


Latest
Previous
Next Post »