[Rekrutmen PLN] Psikotest

Hari Rabu, harinya tes tahap kedua penerimaan karyawan baru PLN. Tanggalnya juga bagus, 4 April  2018, atau 04/04/2018. Ada yang istimewa dari tanggal ini, nanti saya jelaskan. Tes yang saya jalani hari ini adalah tes Psikotest. Saudara-saudara, penonton, pembaca sekalian, welcome to my story, my legacy.

Tapi sebenernya tulisan psikotest itu pake 't' gak sih di belakangnya ? Ini sangat mengganggu pikiran saya. Aaahhh... Tapi biar sama kayak di pengumumannya, saya kasih 't' aja ya ditulisannya.

Tes kali ini dilaksanakan di Pusdiklat PLN di Ragunan, Jakarta Timur. Kalau naik bus menuju terminal Ragunan (atau kebon binatang), lokasi Pusdiklat PLN ini ada di sebelah kanan jalan. Kata sopir angkot nomor S 15 A yang saya ajak ngobrol kira-kira begini, "ah deket itu mah. bentar juga sampe kok". Setelah sampai di depan pintu masuk Pusdiklat PLN, pikir saya sih ini lumayan juga. Apalagi kalau pakai sepatu pantofel. Jalan dari terminal Ragunan kesini bisa bikin kaki sakit, apalagi dari pintu masuk menuju bangunan utama mesti jalan beberapa puluh meter lagi. Tapi tenang, di sekitar pintu masuk Pusdiklat banyak tukang ojek kok.

Antrean peserta yang mau masuk ke gedung utama gak segila pas tes akding. Disana saya baca pengumuman tempat duduk yang ditempel di tiang lobby.

Tips:
Nomor peserta dengan nomor absen beda lho ! Pastikan kamu mencocokkan nomor peserta kamu dengan tempat duduknya di ruangan.

Setelah itu saya dan peserta lain diarahkan untuk memasuki pintu sesuai tempat duduk di ruangan. Ada seorang sekuriti dan seorang panitia di dekat pintu masuk. Sekuriti memastikan bahwa peserta tidak mengantongi handphone dan barang aneh lainnya (waktu itu dikantong saya ada saputangan tapi dibiarkan saja) sementara panitia mencocokkan data di kartu tes dengan KTP.

Apa aja persiapan sebelum tes


Apa aja yang terjadi saat tes?

Ada 180 komputer di ruangan. Saat itu saya peserta batch 3 dengan total ada 4 batch. Berarti jumlah peserta yang masuk tahap psikotest ini (di Jakarta) ada sekitar 720 orang. Saya lihat banyak juga kok kursi yang kosong. entah pesertanya gak hadir atau sekedar dikasih kursi kosong buat uji mental. Who knows ?

Moderator membacakan petunjuk tes. Ada 6 bagian; 4 semacam tes IQ, terdiri dari tes verbal, numerik, dll dan 2 semacam tes kepribadian. Setiap bagian, soal yang muncul untuk satu peserta bisa jadi berbeda dengan soal yang muncul di peserta lain. Jumlah soal yang dikerjakan setiap peserta juga berbeda. Jadi jangan kaget kalau ada peserta lain yang lebih cepat selesai dari kamu atau kayaknya dia lama banget gak kelar-kelar. Sebelum tes dimulai, peserta dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan tempat duduk; sisi kanan dan sisi kiri moderator. Peserta mengerjakan 6 bagian tes dengan urutan yang berbeda sesuai kelompok tempat dia duduk.

...

Begitulah cerita saya mengikuti tahapan kedua rekrutmen pegawai PLN, yaitu psikotest. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat buat pembaca dan semoga saya lanjut ke tahap selanjutnya biar bisa cerita lagi.
Previous
Next Post »