Perjalanan menuju Tes Masuk PLN


Di suatu hari tanpa sengaja kita berjumpa....

Jumpa email dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) kalau saya lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes akademik dan bahasa Inggris, atau yang dalam bahasa Norwegia disebut tes akding. Sempat berpikir kalau ini penipuan, akhirnya saya ingat kalau zaman dahulu kala saya pernah daftar PLN untuk posisi teknologi informasi.

Setelah diarahkan ke website rekrutmen PLN dari e-mail yang saya terima, saya sempat beberapa kali salah mengisi password login. Maklum lah saking lamanya. Bagian yang paling capek adalah, ada captcha 4 huruf sebagai tambahan pengamanan di situs ini. Jadi setiap saya salah isi password, ya terpaksa harus mulis captcha lagi...haduh.... Akhirnya setelah berhasil login, saya membaca disitu jadwal tes beserta lokasi dan apa saja yang harus dibawa.

Saya (dulu kala) mendaftar melalui jalur career fair. Ada 2 pilihan waktu itu: ITB career fair dan Unair career fair. Karena saya lebih familiar dengan Surabaya dari pada Bandung, saya pilihlah yang Unair career fair karena saya pikir lokasi tes bakalan di Surabaya. Proses pendaftaran ini dilakukan secara daring/online. Ternyata di pengumuman yang saya terima, lokasi tes saya di Jakarta. Ini ditentukan berdasarkan kota terdekat dari alamat KTP yang saya isi saat pendaftaran. Berarti daftar lewat career fair yang mana aja bisa ya kalau begini... hahaha...yaudahlah gak papa. Waktu tunggu sejak pendaftaran sampai pengumuman seleksi administrasi cukup lama. Saya daftar di Unair career fair pada September 2017, e-mail pengumuman tes saya terima dipenghujung Maret 2018. Waaaaw.....

Buat kalian yang melamar di institusi apapun, jangan putus asa kalau gak dapat kabar. Bisa jadi karena memang ada proses tertentu di perusahaan tersebut sehingga pengumumannya keluarnya lama, atau memang kalian....ah sudahlah.

Salah satu syarat yang harus dibawa adalah kartu undangan tes. Semacam kartu undangan buat datang ke resepsi, tapi ini buat tes hehehe. Selain itu juga disuruh bawa pensil 2B, pensil HB, penghapus, ballpoint, dan papan alas. Oh iya, sebelumnya juga peserta tes diharuskan melakukan konfirmasi kehadiran dari website rektutmen tersebut. Ada kalimat di akhir kartu undangan tes yang menggegerkan jagad kaskus di thread rekrutmen PLN (mereka sama juga kayak saya, kaget karena dapat kabar setelah penantian lama), yaitu "...mendownload dan print Kartu Peserta Tes". Apa lagi kartu peserta tes itu ? Di website dan di e-mail gak ada tuh. Saya sih gak khawatir, pokoknya berangkat aja dulu.

Semua yang disyaratkan sudah saya siapkan. Sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya tentang laporan situasi dan kondisi di lokasi tes. Semoga diberikan hasil yang terbaik sesuai keinginan.
Previous
Next Post »