Dari Berjualan Getuk Hingga Bisnis Multi-Sektor

Pernah dengar atau baca kisah pengusaha yang mengelola bisnis di berbagai sektor ? Hmmm... misalnya Bill Gates. Orang yang dikenal sebagai pemilik perusahaan perangkat lunak ini ternyata juga punya bisnis di sektor properti, konsultan teknologi, ritel, jasa investasi, dan banyak lainnya. Kalau contoh dari dalam negeri misalnya Chairul Tanjung. Beliau pernah menggeluti usaha penyedia alat-alat kedokteran gigi hingga membentuk Trans Corp yang membawahi sektor hiburan, properti, media, ritel, dan lainnya. Contoh lainnya adalah Hari Tanusudibyo dengan MNC Group miliknya yang diantaranya membawahi sektor media, teknologi informasi, bank, jasa investasi. Atau mungkin lebih familiar dengan Jusuf Kalla? Keluarga beliau mengelola Bukaka Group yang bergerak di bidang konstruksi, jasa persewaan kendaraan, properti, pertambangan, dan banyak lagi.

Yaaah... mungkin wajar ya dengan modal yang mereka punya buat membuka usaha di berbagai bidang. Gimana kalau pedagang biasa? Emang bisa bikin group, atau holding atau semacamnya itu ?

Nah, ini yang jadi bahasan utama diartikel ini. Ada kok orang-orang "biasa" yang bisa mengembangkan usahanya ke berbagai bidang. Orang yang saya ceritakan ini adalah tetangga saya sendiri. Semoga bisa menginspirasi pembaca.
Previous
Next Post »