Melanggar Prinsip : Beli DOID

Selamat pagi pren ! Lagi pada ngapain nih ? Menjelang jam makan siang, kita ngobrol dulu yuk. Kali ini kita bahas pergerakan harga DOID yuk. DOID yang dimaksud disini adalah kode dari perusahaan PT. Delta Dunia Makmur Tbk. di Bursa Efek Indonesia.

Kenapa gak bahas HUT TNI ke-72 ? Ya, lain kali lah. Kalau kata N*ke, “just DOID” hehehe apaan sih. 

Hari ini ada sedikit gap-up antara harga penutupan kemarin dengan harga pembukaan hari ini. Lebih tepatnya, ada perbedaan 10 poin. Ceritanya gini, sekitar 2 minggu yang lalu saya dapat kabar yang intinya merekomendasikan buat beli DOID. Harus. Segera. Tanpa menyertakan alasan yang detail. Kondisi saya waktu itu juga gak sempat buat cari-cari info tentang apa yang bakal terjadi sama emiten ini. Kenapa kayaknya mendesak banget infonya ?

Kemudian saya berpikir… ah kelamaan kalau dijelasin prosesnya hehehe. Pada akhirnya, saya putuskan untuk melanggar ganteng rule nomor 1 : 'Be wise'. Saya beli DOID di harga 920 sejumlah sekian lot. Lain waktu saya bahas 5 poin dalam ganteng rule yang (biasanya) saya terapkan dalam trading.

Coba perhatikan grafik candlestick berikut:


Saya beli di hari/candle yang ditunjuk tanda panah merah muda 1. Berdasarkan indikator moving average, gak ada yang istimewa dari grafik tersebut. Kondisi golden cross gak ada tanda-tanda mau muncul. Dari pola grafiknya juga…hmmm…belum ada yang bisa dijadikan alasan kuat buat beli, terutama bagi mereka yang berpatokan pada pola grafik dengan tambahan sedikit atau tanpa baca berita sama sekali.

Meskipun demikian, saya tetap penasaran sama info ini. Kalau dalam sebulan harga malah rusak, saya yang rugi dan menyesal, tapi kalau harganya naik saya dapat untung tanpa banyak mikir. Eh, mikir sih. Tadi saya udah bilang kan kalau mikir dulu meskipun akhirnya melanggar ganteng rule ?

Hasilnya ? Harga menguat sesaat sampai ke 935, kemudian setiap hari semakin menurun. Tidaaaakk !! Pada waktu penutupan di hari yang ditunjukkan panah merah muda 2, saya menemukan harapan. Berdasarkan pola grafiknya, saya optimis kalau inilah saatnya rebound. Ya iyalah disugesti biar optimis, itu kondisinya udah minus lebih dari 50 poin dari harga beli pren ! Saya putuskan menunggu harga melewati 920 lalu pantau sejauh mana rally bakal berlanjut.

Eh…pas penutupan di hari yang ditunjukkan panah merah muda 3 alias 2 hari yang lalu, kok malah false break. Tolong jangan mempermasalahkan kenapa panahnya pake warna merah muda, fokus aja ke grafiknya.

Dalam kondisi sedih karena coba-coba ikut info yang gak jelas - kalau kondisi begini sedih, kalau harganya terbang ya kagak pren – kemarin saya pasang harga jual di 930 menjelang penutupan. Setelah itu aplikasi saya tutup sebelum pasarnya tutup. Hari itu dapat email dari sekuritas kalau DOID saya terjual. Saya cuma bersyukur karena bisa melepas beban, tapi gak ngecek harga penutupan DOID saat itu.

Jreeeng…pas ngecek lagi hari ini, harganya mencapai high di 960. Padahal ini kan masih sesi 1. Apa sesi 2 nanti bakal ada kejutan ? Who knows ?

Moral story : Sehebat apapun prinsip yang kita punya, gak akan bermanfaat kalau gak dijalankan. Mungkin kali ini saya beruntung bisa keluar dan untung tipis, sering sih kayak gitu. Tapi pengalaman saya yang akhirnya gak happy ending juga banyak. Telusuri infonya, jalankan rencananya, kurangi coba-coba. Ya tapi sekali-sekali boleh lah buat nambah pengalaman, biar ada cerita ke anak cucu hahaha…
Latest
Previous
Next Post »